Senin, 29 Juli 2013

Cara Memotret Siluet

Siluet adalah foto dengan obyek utama gelap total
dengan background yang terang, sehingga yang terlihat adalah bentuk dari obyek utama tadi. Memotret siluet tidaklah sesulit yang dibayangkan, asal kita tahu langkah-langkah dan tips-nya:

•Silahkan Matikan Flash
Yang pertama dan terpenting adalah flash di kamera
harus dimatikan, kalau tidak kita akan mendapatkan
foto biasa (karena obyek utama-nya tidak jadi gelap). Jadi matikan flash dikamera kamu.

•Cari kondisi pencahayaan yang tepat (backlight)
Untuk menghasilkan siluet, background anda harus lebih terang dibandingkan dengan obyek utama. Itulah kenapa kebanyakan foto siluet dilakukan saat sunset atau sunrise, dimana matahari (sumber cahaya) ada di belakang obyek yang ingin anda foto (backlighting). Tapi jangan batasi diri, foto siluet bisa dihasilkan kapan saja,pada intinya kita hanya harus menemukan background yang lebih terang dibandingkan obyek utama.

•Carilah obyek yang bentuknya menarik
Foto siluet akan sangat menonjolkan bentuk obyek
utama, oleh karena itu carilah obyek dengan bentuk yang menarik dan memiliki karakter kuat. Perhatikan foto dibawah, karena obyek utama sebuah pohon dan gubuk. Kita juga bisa mencoba dengan obyek lainnya.

•Carilah background yang tepat
Untuk mendapat siluet anda harus menemukan
background yang lebih terang. Usahakan juga untuk
mendapatkan background yang menarik namun juga tidak ramai sehingga obyek utama terlihat sangat menonjol. Langit dan pantai adalah contoh favorit.
Ukur eksposur dengan tepat (manual/ auto) Sebisa mungkin gunakanlah mode manual eskposur. Set
metering di spot metering. Lakukan pengukuran di
daerah background yang paling terang. Dalam contoh
foto dibawah saya mengukur cahaya langit diatas kepala. Ubahlah kombinasi aperture dan shutter speed sesuai dengan hasil metering kamu, terutama pada aperture pastikan  set sesuai keinginan kamu (aperture besar untuk background yang agak kabur dan aperture kecil untuk background yang tajam). Setelah kamu menentukan aperture dan shutter speed yang dipilih, arahkan kamera
ke obyek utama. Aturlah h3 yang terbaik dan tentukan
fokus di obyek utama, baru kemudian jepret….
Jika kamu tidak bisa menggunakan mode manual,
gunakanlah mode auto. Arahkan kamera ke area paling terang, pencetlah setengah shutter anda (jangan pencet penuh) lalu tahan shutter jangan dilepas. Lalu arahkan kamera ke obyek utama baru kemudian jepret….
Jangan takut mencoba. Cobalah kombinasi aperture dan shutter speed yang berbeda jika kamu gagal di kesempatan pertama. Cobalah juga bereksperimen dengan obyek dan lingkungan,jangan hanya terpaku pada sunset dan sunrise, karenafoto siluet bisa dihasilkan dimanapun dan kapan pun. Di bawah ini adalah contoh gambar siluet yang aku jepret pada saat keadaan matahari tenggelam(sunset) di Pantai Pasir Putih Situbondo,Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar